Teh Hitam


Tanaman TEH,di Indonesia cukup di kenal oleh masyarakat luas,bahkan banyak produk-produk dari hasil olahan TEH yang mudah kita jumpai di pasaran mauapun di tempat-tempat lain ,Nama Latin dari tanaman TEH sebenarnya adalah Cameillia Sinensis yang masih termasuk keluarga Cameillia, umumnya tumbuh didaerah yang beriklim topis dengan ketinggian antara 200 s/d 2.000 meter diatas permukaan laut dengan suhu cuaca antara 14 s/d 25 derajat celcius.
Minuman Yang di hasilkan dari TEH terdapat kandungan Kafein,kafein adalah  zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf, Kafein juga dapat berfungsi membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat.selain kafein,Teh juga sumber dari teofilin dan anti oksidan,dengan kandungan kadar lemak,protein dan karbohidrat yang mendekati nol.Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok:Teh Hitam,Teh Oolang,Tah Hijau dan Tah Putih.

Sejarah Teh
Teh berasal dari Negara cina,tepatnya di provinsi Yunnan,bagian barat cina,Teh dulu bukan merupakan minuman melainkan bahan ramuan obat-obatan,kalo begitu tentu banyak donk manfaatnya dari The tersebut,?salah satu manfaatnya pada zaman dahulu di cina adalah di jadikan the sebagai obat herbal pemunah bila terkena racun,orang pada waktu itu dicina mengkonsumsinya bukan dengan di minum melainkkan di kunyah,dari sisnilah mereka merasakan sensasi yang berbeda dan menyenangkan menurut mereka,Teeh juga di jadikan ragam ramuan dalam jenis makanan dan jenis sop.setelah secara bertahap mereka dapat mengolah tanaman Teh yang banyak manfaat,selanjutnya the menyebar kenegara – Negara lain seperti jepang,Amerika serikat,Inggris dan sampailah ke Indonesia,

petani memetik daun teh

Cara Proses Pembuatan Teh Hitam
Sesuai dengan judul disini hanya akan membahas tentang proses pembuatan teh hitam saja.
Teh hitam ini paling banyak di konsumsi di Wilayah Asia,teh hitam ini dalam proses pengolahannya masih terdapat dua metode yaitu metode Sistem Orthodox dan metode Sistem CTC(Crush, Tear, Curl)

                Sistem Orthodox 
Untuk teh yang menggunakan metode ortodoks, daun teh diangin-anginkan pada tempat dengan udara hangat dan dibiarkan layu untuk mengurangi kadar air,Setelah daun teh menjadi lembut dan lentur, maka siap untuk digiling. Setelah digiling, daun teh kemudian disebar pada lapisan tipis yang dingin dan lembab agar teroksidasi.Daun teh ini mulai mengeluarkan aroma dan rasa yang khas, warnanya pun menjadi lebih gelap.
Untuk menghentikan oksidasi, teh dimasukkan ke alat pengering yang besar yang juga berfungsi untuk mengurangi kadar air.

                Metode Sistem CTC(Crush, Tear, Curl)
Metode otomatis CTC (Cut, Tear, dan Curl) merupakan metode produksi yang banyak digunakan dalam industri teh saat ini dan menggunakan sistem yang lebih canggih.
bubuk teh hitam
Bubuk teh hitam yang di kemas

Penelitian Manfaat Teh Hitam
 Khasiat teh hitam diungkap Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ali Khomsan MS dan Ahli Spesialis jantung dr. Mohammad Taufik Spj.
”Memang benar teh hitam atau black tea mempunyai manfaat seperti menurunkan risiko kanker, mencegah jantung koroner, mencegah penuaan dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Hal senada diungkapkan dr H. Mohammad Taufik Sp.J. Dia membenarkan black tea bermanfaat untuk mengurangi penyakit jantung koroner, kanker, diabetes atau kencing manis dan stroke. Sayangnya, menurut Taufik, manfaat yang terkandung dalam meminum teh hitam belum banyak diketahui oleh masyarakat. Hal itu disebabkan kurangnya sosialisasi maupun publikasi dari berbagai penelitian tentang manfaat black tea bagi kesehatan.

Beberapa waktu lalu, Pusat Jantung Nasional Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta (RSJHK) juga memaparkan hasil penelitiannya dalam talkshow dengan tema ”Efek Teh Hitam dalam Mencegah dan Mengatasi Risiko Penyakit Jantung Koroner” yang diadakan di Aula RSJHK Jakarta.


Penelitian The Netherland National Institute of Public Health :

1. Minum 1 – 2 cangkir Teh Hitam BlessTea per hari dapat menekan penimbunan kolesterol 46  %

2. Minum 4 cangkir Teh Hitam BlessTea per hari dapat menekan kolesterol 68 %

3. 552 orang yang mengkonsumsi Teh Hitam BlessTea 4 -7 cangkir per hari secara teratur mampu menurunkan resiko   serangan penyakit stroke.


Catatan **  :maaf didalam pembahasan sub judul” Penelitian Manfaat Teh Hitam” tidak mencatumkan   sumber,