Bangunan megah
yang memiliki karya seni yang tinggi dan jembatan adalah salah satu karya
tersebut,selain sebagai prasarana dan penghubung antara tempat satu ketempat
lainnya,di beberapa Negara jembatan di jadikan trade mark yang mencirikan
wilayah atau Negara tersebut,adapun jembatan yang menjadi trade mark tersebut
adalah sbb:
Banpo Bridge (Korea Selatan)
Jembatan ini di bangun pada 9 September 2008,
jembatan ini sunguh indah sekali sebap disetiap
sisi jembatan di beri sekitar
10.000 air mancur yang memancurkan air 190 ton air per menit yang di ambil dari
sungai di bawahnya.keindahan semakin sempurna dengan adanya warna yang
keluar seolah – olah bersama air tersebut,sehingga menimbulkan warna pelangi
yang sangat indah.
Tower Bridge (Inggris)
Siapa yang
tidak mengenal banguna jembatan tersebut,hamper semua orang
mengetahuinya.bangunan ini Selesai
pada tahun 1894, Tower Bridge (sehingga dinamai setelah dua, mencolok, 141-ft
menara tinggi dan Tower of London yang dekat dengan itu) adalah salah satu
landmark yang paling terkenal di London dan salah satu paling indah di dunia.
panjang jembatan 800-kaki memiliki 28-ft jarak ruangan ketika tertutup, tetapi
meningkatkan di pusat untuk pembersihan maksimum 140-ft yang memungkinkan
kapal-kapal untuk mewariskan Thames. Kembali di hari-hari pada saat barang
dipindahkan melalui laut, bukan udara jembatan dinaikkan sekitar 50 kali
sehari. Tower Bridge mengambil 432 pekerja 8 tahun untuk membangun. Selama
waktu itu mereka tenggelam 70.000 ton menjadi 2 besar beton dermaga, menurunkan
2 diimbangi bascules ke tempatnya masing-masing berbobot 1.000 ton dan kemudian
berpakaian seluruh jembatan di Portland cornish batu dan granit untuk
menyamarkan 11.000 ton baja di bawahnya.
Oliveira Bridge (Brasil)
Jembatan ini merupakan jembatan satu satunya
di Dunia berbentuk X dengan Kabel Jembatan dengan dua jalur disilangkan,
Jembatan berada diatas Sungai Pinheiros di São Paulo Brazil dan dibuka pada Mei
2008. jembatan ini memiliki ketinggian 138 meter jembatan ini menghubungkan
antara Pinheiros Marjinal Jornalista Roberto Marinho Avenu.
Suramadu Bridge Nasional (Indonesia)
Konstruksi jembatan didirikan awal oleh
Presiden Megawati Sukarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya
oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. Pembangunan
jembatan ini dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura,
termasuk infrastruktur dan bidang ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal
dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan
jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.
Membuat jembatan ini dilakukan dari tiga sisi,
kedua sisi Bangkalan dan Surabaya. Sementara itu, pada saat yang sama juga
membuat perkembangan rentang tengah pendekatan jembatan dan jembatan.
Millau Bridge (France)
Jembatan di Prancis ini memiliki ketingian
yang melebihi menara efel mengendarai kendaran di jembatan ini merasakan seolah
olah terbang di atas awan. Jebatan ini diselesaikan dalam waktu tiga tahun dan
dibuka untuk umum pada tahun 2004 kemarin , he Millau Bridge memiliki total
panjang 8.071-ft dengan span tunggal terpanjang di 1.122-ft dan maksimum berat
yang di izinkan adalh 886-ft , Jika kamu melintasi jemabtan ini maka kamu akan
melihat pemandangan indah di bawah jemabtan jembatan ini juga merupakan
jembatan tertingi di dunia.
Ponte Vecchio (Italia)
Jembatan ini merupakan jemabtan wisata paling
terkenal di italia jembatan ini dibangun dengan mengunakan batu sepenuhnya
jembatan ini juga merupakan jembtan batu tertua di dunia yang ada saat ini,
awalnya jaembatan ini dibangun dari kayu sampai hancur oleh banjir pada 1333,
dan dua belas tahun kemudian dibangun kembali dengan menggunakan batu.
Magdeburg Water Bridge (Jerman)
Jembatan Magdeburg Water yang menghubungkan
bekas Jerman Timur dan Barat di atas Sungai Elbe, dan itu dibuat sebagai bagian
dari proyek penyatuan. sepanjang 1 km , 500 juta euros jembatan air sungai memungkinkan
tongkang untuk menghindari panjang dan kadang-kadang tidak dapat diandalkan
sepanjang bagian Elbe.