Tempe..?

Makanan tempe sangat popular di daratan asia tenggara terutama di Indonesia orang pada zaman dahulu masih mengidentifikasikan Makanan Tempe berarti makanan yang berkelas rendahan,namun setelah banyak di lakukan penelitian begitu besarnya manfaat yang terkandung di dalam tempe,dan masyrakat sekarang sudah mulai sadar,bahkan menjadikan Tempe menu makanan yang harus ada di tiap harinya.

Tempe di buat dengan proses fermentasi yang umumnya menggunakan biji kedalai yang kaya protein sebagai bahan baku  yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus dan lain-lain.

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Di Indonesia dan Sri Lanka tingkat digunakan sebagai makanan pokok. Tempe kaya akan protein. Karena fermentasi selama tingkat produksi protein lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Tempe - sumber yang baik serat makanan, karena mengandung sejumlah besar serat makanan.

Kandungan tempe

Tempe terdiri dari sejumlah mikroorganisme yang berguna khas untuk produk-produk fermentasi yang menghambat bakteri patogen. Selain itu, mengandung phytates menghapus/menghambat unsur – unsure Radioaktif di dalam tubuh. TEMPE, seperti semua produk kedelai sangat kaya protein dan serat makanan.Dalam kultur jamur yang digunakan dalam tingkat produksi, adalah bakteri penghasil vitamin B12, yang menghambat penyerapan kobalt radioaktif.

Karena rendahnya persentase lemak dan tinggi protein, di seluruh dunia banyak vegetarian dan vegan menambahkannya  sebagai daftar  makanan mingguan. Hal ini dianggap sebagai sangat bergizi terutama karena konten dari banyak asam amino esensial izoflavin dan saponin. Sebuah efek kesehatan yang  populer oleh  izoflavin meliputi: penyembuhan tulang, mengurangi gejala menopause, penurunan risiko penyakit jantung koroner.

100 g tempe biasanya mengandung sekitar 18,2 gram protein dan 10% dari asupan yang disarankan kalsium dan zat besi.

Tempe Di luar Indonesia.
solopos.com
Dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 (Serat Centhini sendiri ditulis pada awal abad ke-19) telah ditemukan kata "tempe",seiring dengan perkembangan teknologi dan banyak di lakukannya penelitian – penelitian tentang tempe.Banyak di bangun industry yang memproduksi Tempe.berdasarkan wipedia pada tahun 1984 telah tercatat 18 perusahaan Tempe di daratan Eropa,53 di Amerika,8 di Jepang,dan banyak Negara – Negara lain Australia,Cina,Taiwan.

Bagaimana di Indonesia tempat lahirnya TEMPE,mari para punggawa sarjana melakukan penelitian – penelitian dan temukan kehebatan yang masih terpendam di dalamnya,lakukan Inovasi,Modifikasi.

KITA SEHARUSNYA BANGGA DI NEGARA  TEMPE,,SEANDAINYA SAJA ANDA TAHU,,,


Industri Tempe berstandar/modern.
Rumah Tempe
Tempet berstandarisasi
Masih banyak informasi yang seharusnya di tulis dalam postingan ini,oleh sebab itu mari kita sama – sama membaca info tersebut di leteratur yang lain.

Sumber  :         http://lady.mail.ru,
                        http://ecovege.org
                        http://id.wikipedia.org dan berbagai sumber lainnya.