Harddisk

Hai sahabat tripha,kali ini tripha akan berbagi informasi tentang computer yaitu mengenal Harddisk,mngkin banyak dari kawan – kawan lebih paham tentang,apa itu Hardisk,?
postingan ini bertujuan untuk berbagi ilmu,bagi yang belum tau,sama – sama kita belajar,

Harddisk.

Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder  yang berisi piringan magnetis.Jadi fungsi Harddisk adalah media penyimpanan semua File,Dokumen – Dokumen,termasuk menyimpan sistem operasi,Aplikasi –Aplikasi,Harddisk fungsinya hamper sama dengan memori pada telephon genggam yang kita punya,di mana di memori tersebutlah kita menympan banyak File,seperti Foto,Lagu/musyik,Game,dll,sama halnya seperti memori pada telephon genggam,Harddisk juga memiliki kapasitas daya tamping,semakin besar Harddisk maka semakin besar  data – data yang dapat di tamping oleh Harddisk.

Saat ini yang setahu admin ada dua jenis Harddisk,yaitu ATA yang menggunakan jenis kabel data
tergila.com
IDE dan yang satunya lagi adalah Harddisk SATA yang menggunakan  Kabel data SATA.Dari kedua jenis ini terdapat bebearapa perbedaan,seperti perbedaan pada kabelnya ,kecepatan putaran pada piringnya yang mempengaruhi pada kecepatan pada pengambilan data.Kita dapat memasang Hardis ini lebih dari satu Harddisk pada computer,misalkan empat Harddick,namun harus mengaturnya agar dapat terkoneksi dan terdeteksi dengan baik oleh sistem.

Memasang Harddick juga perlu di perhatikan tentang Daya,karena semaikn banyak Hardis yang kita pasang maka akan semakin besar daya yang kita gunakan,lebih baik memasang satu Harddick dengan kapasita 500Gb,dari pada memasang 4 Harddisk dengan ukuran masing – masing 
150Gb,agar penggunaan daya lebih hemat.

Cara Memasang Harddisk ke Casing
dikutip dari unthergrounds.netne.net,berikut adalah cara – cara memasang Harddisk.

1. Buka casing komputer.

2. Pilih salah satu tempat pada casing untuk dipasangi harddisk. ( biasanya berada pada bagian
depan casing dan memiliki penyekat sesuai ukuran harddisk )

3. Posisi pemsangannya adalah, bagian yang memiliki konektor kabel berada dibelakang dan yang masuk ke dalam ( ke bagian depan casing ) adalah bagian yang tidak memiliki konektor apapun.

4. Dalam memasukan harddisk, perhatikan lubang yang berada di harddisk dan di penyekat tempat harddisk berada, samakan posisinya dan sekrup dengan menggunakan obeng dan mur.

5. Pasangkan kabel listrik dari powersupply ( gunakan logika anda, konektor yang manakah yang akan masuk pada harddisk ). Dan tepatkan posisi kabel warna kuning dibagian terluar dari harddisk. ( lihat videonya ).

6. Pasangkan kabel IDE dari harddisk ke motherboard. Lihat posisinya, biasanya dibagian atas ada cekukan untuk penyesuaian antara harddisk dengan kabel. Begitu pula dengan motherboard. 

7. Ingat pasang kabel IDE ke konektor IDE pada motherboard, biasanya ada dua konektor yang sama seperti itu dan posisinya sejajar. Anda baca dibagian bawah motherboard ada tulisan IDE 0 dan IDE1, (pasang di IDE 0 ). Yang IDE 1 untuk DVD atau CD - ROM.

Tips Membeli atau Memilih Harddisk yang baik
Setelah mencari dengan sihirnya Mbah google,ada beberapa Tips yang perlu sahabat perhatikan jika akan membeli/memakai Harddisk

1.Kapasitas.

Tentunya hal utama adalah Kapasitas,ini tergantung kepada sahabat berapa Kapasits Harddisk yang di inginkan,besarnya kapasitas Harddisk juga mempengaruhi Harga Semakin Besar kapasitas maka harga semakin bagus

2 Memilih Internal atau Eksternal.

Ini adalah suatu hal yang harus diperhatikan,namun kadang membingungkan sih,,.ok gini Harddisk Internal memiliki harga yang mahal namun lebih cepat, Sedangkan harddisk eksternal mudah dipindahkan ke mana saja dan harus menggunakan kabel USB untuk terhubung ke komputer. Tergantung  dengan kebutuhan sahabat sih intinya,tinggal milih yang mana,,?

3. Kecepatan Putar (rotation per minute / rpm)

Harddisk mempunyai kecepatan berputar Pada harddisk dengan 5.400 rpm berarti mampu berputar sebanyak 5.400 kali dalam 1 menit. Pada umumnya kecepatan putar pada harddisk adalah 72.00 rpm dan 10.000 rpm. Semakin cepat putaran hard disk makan hard disk semakin cepat, namun lebih mahal, memiliki space yang lebih sedikit, dan biasanya berisik.

4.Pilih Merek Yang berkualita,

Mungkin sahabat tidak mau kecewa setelah membeli dan memasang Harddisk,kok mengalami kerusakan,,oleh sebab itu merek juga mempengarui kualitas Harddisk,memang terkadang tidak dapat jaminan namun biasanya dengan Merek yang baik,tertera brosur Garansi sehingga  jika terjadi kesalahan diluar kendali,maka dapat di jadikan solusi.conto beberapa Merk yang sudah diakui seperti Samsung,Sony,Wistern Digital,Toshiba dll.