Pulpen

Pulpen/Pena merupakan  suatu alat yang di gunakan untuk menulis dalam kehidupan sehari – hari.Pulpen/pena berperan penting dalam menyibak tabir sejarah pada masa lalu karena belum ada alat selain pulpen yang dapat di gunakan untuk saksi dalam sejarah,dengan peulpen juga ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat banyak karya – karya buku yang mengandung makna ilmu bak lautan. Tetapi banyak dari kalangan kita yang sedikit mengetahui sejarah pulpen,,

Sejarah Pena
Pulpen/pena/bolpoint berasal dari bahasa Belanda yaitu vulve yang memiliki arti sebagai alat
pilpen bulu angsa
tulis
.Pada zaman dahulu, sebelum pulpen ditemukan, penduduk Eropa menggunakan bulu angsa yang diruncingkan ujungnya lalu dicelupkan ke dalam tinta. Cara yang sama juga dilakukan oleh masyarakat di Timur Tengah pada saat itu. Namun mereka menggunakan batang alang-alang air, sedangkan rakyat Cina dan Jepang menggunakan kuas.Pada dasarnya alat tulis pena telah dibuat oleh bangsa Sumeria di Mesopotamia pada 5000 tahun silam. Dari mulai yang paling sederhana yaitu pena bulu ayam lalu berkembang hingga sekarang menjadi pena bolpoint atau juga di sebut pupen.
Bolpoin diciptakan oleh jurnalis Hungaria, László Biró pada tahun 1938 dan selanjutnya pulpen terus mengalami perkembangan.Bersama saudara lelakinya George, seorang kimiawan, dia mengembangkan ujung pen yang baru berupa sebuah bola yang dapat berputar dengan bebas pada sebuah lubang. Karena bola kecil itulah maka pena baru itu dinamakan ball point pen atau yang lazim dikenal dengan nama bolpoin.
Pena Modern
Salah satu perusahaan pulpen yang terkenal dan tertua di dunia adalah Faber Castell yang berdiri pada tahun 1767 di Stein,Jerman.Perusahaan Faber Castell banyak melakukan pengembangkan – pengembangan terhadap Pulpen,salah satu karyanya adalah Grip-X dan CX Pen.Dengan pengembangan yang modern banyak fitur – fitur yang Pulpen yang mendukung seperti.

1.   Spy Pen Camera
Pulpen kamera pengintai ini merupakan salah satu hasil modifikasi atau inovasi seseorang agar pulpen terlihat lebih menarik dan multifungsional. Sebagaimana fungsinya sebuah kamera, kamera pengintai ini juga dapat digunakan untuk merekam video dan audio.


2.   Laser Pen
Pulpen yang satu ini juga tidak kalah canggihnya. Pulpen ini dilengkapi dengan red laser pointer yang dapat digunakan ketika kita sedang melakukan presentasi, LED atau flash light untuk senter, stylus pen yang biasa digunakan untuk PDA atauhandphone dengan fasilitas touch screen, UV light untuk mendeteksi uang palsu, danteaching sebagai tongkat penunjuk biasa digunakan oleh para pengajar.


3.   Pulpen Luar Angkasa.
Pulpen luar angkasa ini tidak dapat menggunakan prinsip gravitasi maka pulpen ini tintanya terbuat dari bahan yang sangat tumit seperi thixotropic, solid-gel ink, cohesive, adhesive, dan visco-elastis yang berbentuk seperti permen karet.

 4.   Color Picker
Color picker merupakan pulpen masa depan yang bisa mengscan warna dari benda-benda apapun yang ada disekitar kita dan bisa langsung digunakan untuk menulis ataupun menggambar. Caranya sangat mudah pertama anda tempelkan sensor yang ada di pulpen tersebut pada objek atau benda yang warnanya ingin kita gunakan kemudia tekan tombol scan setelah itu RGB cartidge akan berfungsi sehingga warna yang tadi kita inginkan akan muncul di display pulpen tersebut. Setelah itu pulpen bisa kita gunakan dengan tinta sesuai dengan yang kita inginkan.

 Selain dari 4 jenis pulpen modern diatas terdapat juga pulpe modern lainnya yang tak kalah canggih yaitu pulpen tanpa tinta, pulpen digital, dan tablo (pulpen yang memiliki fungsi komputasi). Perkembangan pulpen tidak hanya berhenti sampai disini. Saya yakin seiiring dengan perkembangan zaman maka benda-benda disekitar kita termasuk pulpen akan terus
berkembang menjadi semakin modern dan canggih.

sumber  :wikipedia
              Labsky2012.blogspot.com