PELANGI



Terjadinya pelangi merupakan sebuah fenomena pemandangan yang sangat indah.Bukan suatu hal yang baru lagi bagi kita,tetapi sering kita bertanya dalam benak kita,gimana ya proses terjadinya pelangi?  Dan kenapa sering muncul atau terjadi saat hujan?

mungkin sebagian orang awam akan berpendapat,terjadinya pelangi berhubungan dengan mitos,seperti waktu saya kecil,anak-anak sering mengaitkan terjadinya pelangi dengan bertanda bahwa para bidadari turun dari langit untuk mandi di bumi,sedangankan warna pelangi tersebut menggambarkan dari bidadari tersebut.hal yang lucu bukan.


Sesungguhnya pelangi merupakan fenomena optic meteorology yang menghasilkan spectrum cahaya yang bersambung di langit apabila matahari bersinar setelah terjadinya hujan.oleh sebab itu pelangi tidak akan muncul kalo gak ada sinar matahari,sebagai sumber cahaya yang menghasilkan warna warni yang menakjubkan.

Ini dia fenomana terjadinya pelangi,pelangi itu sebenarnya terjadi karena peristiwa pembiasan sinar
matahari oleh air hujan,oleh karena itu pelangi dapat di lihat setelah hujan turun.Bentuknya yang melengkung karena tetes air hujan di udara yang berbentuk bulat atau sfera.Namun bagian bawah pelangi terlindungi oleh bumi sehingga pelangi yang terlihat hanya berupa lengkungan.Pelangi secara utuh dapat di lihat ketika kita sedang berada di pesawat terbang yang mengudara.

Secara ilmiah terjadinya pelangi dapat di jelaskan yaitu pelangi terjadi karena pembiasan cahaya.cahaya yang melewati dua medium yang berbeda akan mengalami pembiasan dan perubahan arahnya.pembelokan ini terjadi karena cahaya bergerak dengan kecpatan yang berbeda ketika melalui medium yang  berlainan.


Hal ini juga yang menyebababkan cahaya putih dipisahkan berdasarkan frekwensinya.tetes air hujan berungsi menyebarkan cahaya matahari sehingga berbentuk pelangi.